Rabu, 15 Januari 2014

1st mudik nya alea saat 2,5 bulan

sudah sangat terlambat memposting cerita ini, tapi sayang aja kalo gak diposting
terkait dg memperkenalkan traveling ke anak sejak dini bagi kami it a must
alea lahir di jakarta 20 mei 2011, keluarga kami mayoritas masih tinggal di ponorogo, jawa timur. mengingat waktu lahir dan cuti melahirkan pas banget dengan moment lebaran tahun 2011, kami pun berencana untuk mudik lebih awal. akhirnya pilihan mudik jatuh pada awal romadhon.
tidak ada persiapan khusus, kami hanya mempertimbangkan pilihan transportasi yang akan dipakai saat mudik. krn bukan mudik biasa tapi mudik with baby yg baru 2,5 bulan. jarak tempuh jakarta ponorogo dg bus itu sekitar 12-15 jam, sedangkan dg kereta membutuhkan waktu 8-10 jam. kedua transportasi tersebut kami coret dari list alat mudik yg akan kami gunakan. pilihan terbaik saat itu adalah pesawat, mengingat waktu tempuh pesawat paling pendek. pun harus turun di solo, jogja atau surabaya tetep masih dalam batas toleransi kami. akhirnya kami memilih pesawat dr jakarta menuju jogja, kami pilih jadwal paling pagi. perjalanan rumah - bandara bisa ditempuh dg waktu kurang dr 1 jam krn masih belum macet.

dan pesawat paling pagi, kemungkinan delay kecil. persiapan yg kami lakukan adalah, menggendong alea senyaman mungkin.

tips nya antara lain :
  • baby harus dalam keadaan kenyang
  • jika diperlukan gunakanlah penutup telinga selama penerbangan berlangsung (saya menggunakan earmuff) biasanya pramugari akan menawarkan kapas untuk menutup telinga bayi jika kita tdk membawa penutup telinga
  • gendong bayi senyaman mungkin (selama di pesawat alea digendong nenek, krn sudah kenyang jadi saya tdk menyusui selama perjalanan)
  • dekap lebih nyaman saat take off dan landing
  • berikan asip / menyusui bayi saat take off dan landing
  • jika harus menyusui, jangan lupa pake cover/ponco menyusui ya moms..

peristiwa yg sedikit bikin deg2an adalah sesaat sebelum landing, kami berikan alea asip dlm botol namun ternyata pesawat batal landing dan harus mengitari langit jogja selama 15 menit lagi krn terjadi antrian pesawat di bandara. saat itulah asip dalam botol pun habis. sedikit cemas jika alea menangis saat landing, krn beberapa pesawat suka landing dg guncangan keras dan suara kenyang. bersyukur itu tidak terjadi, alea pun tetep tidur di gendongan.
setelah perjalanan 1jam 10 menit sampailah kami di jogja, dan untuk sampai ke ponorogo masih perlu waktu 3.5 jam dg berkendara mobil. namun hal tersebut tdk kami pilih, pilihan jatuh pada kereta api. sampai di jogja kami istirahat dari pagi sampai sore di rumah kolega kami, dan itu membuat perjalanan tidak melelahkan. jadwal kereta yang kami pilih dari jogja - madiun pada sore hari, dg watu tempuh sekitar 2.5 - 3 jam ditambah taksi setengah jam kami sudah sampai rumah.
yeaaay...akhirnya lolos tester utk traveling with kids.

sedikit cerita, saya pun juga pernah mengajak alea ber comuterline dari jakarta ke bogor pada bulan juli (saat alea 2 bulan). bukan utk kepentingan jalan2, namun saya harus kontrol ke dokter gigi di bogor. jadi sekalian aja tester traveling with baby by comuterline
tapi tetep ya, jangan pergi saat jam sibuk berangkat/pulang kantor. jika kita nyaman maka anakpun akan nyaman bagaimanapun kondisi transportasinya

so happy traveling mommies ....
let's make memorable moment with kids by traveling